Saturday 18 December 2010

Menggambar Sederhana Menggunakan Inkscape

Belajar desain vektor awalnya sangat sulit bagi saya. Namun dengan didorong rasa ingin tahu juga karena dorongan orang lain, akhirnya dengan hati yang senang saya bisa menerima ilmu yang diberikan oleh guru saya (terima kasih guru). ^_^

Berhubung karena pengajaran nya menggunakan software baru dan tidak berbayar, sehingga membuat saya  lebih tertantang lagi. Nama software yang saya gunakan adalah Inkscape. Kalau teman-teman sudah pernah mendengar nya bagus sekali, apa lagi sudah memakai nya di komputer tapi kalau belum segeralah dapatkan software nya.  Cukup mudah untuk mengerti semua tools yang ada dan tampilan user interface (UI) juga sangat sederhana. Walaupun demikian tidak membingungkan orang yang memakainya. Sudah...mari kita lihat gambar dibawah ini saja...

Berhubung sebentar lagi saudara kita yang beragama kristiani merayakan hari besar mereka, saya ingin mencoba untuk membuat icon natal. Sebelumnya saya tidak pernah membuat icon ini. Ternyata tidak sulit.
Untuk membuat icon diatas kita menggunakan Circle Tool dalam membentuk badan dan kepala nya, juga untuk bagian mata dan kancing baju. Kita sesuaikan ukuran nya. Untuk membuat syal yang terpasang dilehernya, topi dan hidung juga bibir gunakan Draw Bazier Curves and Straight Line Tool. Sedangkan untuk bintang sebagai corak topi dan hiasan yang ada diatas dan dibawah topi gunakan Stars and Polygon Tool lalu berikan efek blur secukup mungkin agar terlihat lebih lembut. Setelah itu jadilah sebua icon natal yang banyak disukai oleh teman-teman kita yang beragama nasrani. Mudah bukan...?? ^_^
Semoga teman-teman dapat belajar membuat desain yang lebih bagus dari saya. Sehingga saya akan lebih giat lagi untuk jadi yang lebih baik kedepan nya.

No comments:

Post a Comment